Dekorasi

Vinyl, Lantai Kayu Andalan Rumah Minimalis

Agaknya orang zaman sekarang sudah pintar menentukan pilihan. Jika beberapa tahun belakangan lantai keramik masih menjadi idaman, kini lantai kayulah yang menjadi penggantinya. Tak salah memang karena lantai kayu ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya lebih sering dipakai dibandingkan dengan lantai berbahan keramik.

Lantai kayu sering diaplikasikan sebagai lantai andalan rumah minimalis masa kini. Selain harganya terjangkau, lantai kayu ini juga menawarkan berbagai pilihan yang membuat para konsumennya bebas untuk menentukan pilihan. Salah satu lantai kayu yang ditawarkan untuk tempat hunian minimalis adalah lantai kayu dengan motif vinyl.

Bahan Dasar Lantai Kayu Vinyl

Lantai kayu vinyl merupakan lantai kayu yang banyak dicari oleh orang masa kini. Lantai kayu dengan beragam corak ini siap akan membuat bingung para konsumennya. Dengan motif beragam yang ditawarkannya, Anda bisa dengan mudah menentukan kira-kira lantai kayu yang cocok diaplikasikan untuk ruangan di tempat hunian minimalis.

Tidak seperti lantai kayu yang lain, lantai kayu ini ternyata tidak terbuat dari kayu asli. Bahan dasar dari lantai kayu vinyl adalah PVC. Jangan khawatir, meskipun terbuat dari bahan PVC, Anda tetap bisa memberikan kesan elegan dan natural lewat motif lantai bergambar kayu yang disuguhkan. Bukankah tetap terlihat mirip seperti lantai kayu asli?

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Vinyl

Sebagus apapun lantai kayu tetaplah lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan karena lantai adalah produk buatan manusia. Kelebihannya yang paling menonjol adalah beragam corak lantai yang ditawarkan. Dengan motif lantai yang bermacam-macam, sudah pasti konsumen bisa memilih dengan gampang lantai kayu yang diinginkan.

Kelebihan lantai kayu vinyl yang kedua adalah bahannya yang dari PVC membuatnya cocok untuk dipasang di tempat yang lembab. Bahkan di tempat yang dingin sekalipun. Makanya, jika hunian minimalis Anda berhawa dingin, tak ada salahnya Anda menjadikan lantai kayu jenis vinyl sebagai solusi lantai agar tempat nyaman untuk ditinggali.

Satu lagi kelebihan yang dimiliki oleh lantai kayu vinyl. Ketika Anda memasang lantai kayu vinyl, Anda tidak usah mengeluarkan dana untuk biaya pemasangannya. Anda pun bisa memasang lantai kayu tanpa harus meminta bantuan tukang ahli. Siapapun tukangnya, lantai kayu ini akan mempermudah dalam proses pemasangannya.

Tak lengkap rasanya jika Anda hanya mengetahui kelebihan tanpa tahu kekurangan dari lantai kayu andalan rumah minimalis ini. Kekurangan dari lantai ini adalah tidak terlalu awet. Bahan PVC membuatnya tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama dan harus sangat memperhatikan suhu dari rumah hunian tempat Anda tinggal.

Sebenarnya kekurangan lantai kayu vinyl ini masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya. Lantai kayu vinyl tidak cocok dipasang di tempat yang bersuhu tinggi karena lantai akan memuai. Belum lagi jika Anda memasangnya di tempat hunian yang bersuhu panas. Lantai kayu itupun akan membuat suhu ruangan bertambah panas.

Penerapan Lantai Kayu Vinyl pada Rumah Minimalis

Dalam pemasangannya, lantai kayu vinyl sangatlah bergantung dengan suhu. Jika Anda salah mengaplikasikannya, kenyamanan Anda akan menjadi taruhannya. Lantai kayu jenis vinyl cocok dipasang di ruangan yang bersuhu dingin, misal kamar mandi ataupun dapur. Dengan begitu, lantai kayu tetap bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Jangan sampai karena terbuai dengan keindahan yang disuguhkan oleh lantai kayu vinyl, Anda bisa memasangnya di setiap ruangan. Misal, saat Anda mengaplikasikannya di ruang keluarga. Ruang yang seharusnya digunakan untuk bersantai anggota keluarga itu bisa menjadi tidak nyaman karena suhu ruangan yang meningkat. Jadi, berhati-hatilah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *