Dekorasi

Tips Cantik Memajang Hiasan Dinding Ruang Tamu

Supaya rumah terlihat lebih indah dan tidak terkesan sepi, maka menambahkan hiasan dinding pada ruangan tertentu di dalam rumah sangat direkomendasikan agar rumah lebih indah serta membuat nyaman penghuni. Ada banyak cara untuk menghias dinding agar tidak kosong yakni bisa dengan mewarna atau menambahkan hiasan yang disukai.

Jenis Hiasan Yang Bisa Di Aplikasikan Pada Dinding

Saat ini pasti Anda bisa dengan mudah menemukan beragam jenis hiasan dinding di pasaran. Adapun jenis hiasan dinding sangat beragam. Untuk harganya juga tak terlalu mahal sehingga gak akan membuat isi kantong kering. Berikut ini beberapa contoh hiasan dinding yang bisa Anda aplikasikan pada dinding ruang tamu Anda, yaitu:

  1. Hiasan Dinding Mural

Hiasan dinding mural biasanya berbentuk curahan atau aspirasi si pemilik rumah yang berbentuk nonverbal dan dituangkan melalui pensil warna, cat, atau kapur tulis.

  • Hiasan Dinding Wallpaper/Stiker

Stiker atau wallpapper dulunya banyak dipilih untuk hiasan kamar anak. Akan tetapi stiker dan wallpaper saat ini dapat dipakai untuk mempercantik ruangan lain dengan ditempelkan pada dinding ruang tersebut.

  • Hiasan Dinding Foto atau Lukisan

Adapun hiasan dinding ruang tamu yang lainnya ialah foto atau lukisan. Keduanya sering sekali dijumpai pada dinding ruang tamu kebanyakan masyarakat sekitar.

Tips Memasang Hiasan Pada Dinding Ruang Tamu

Ingin ruang tamu menarik dipandang? Maka jawabanya adalah dengan menambahkan hiasan dinding ruang tamu. Berikut tips untuk Anda yang ingin membuat serta memasang hiasan pada dinding ruang tamu adalah:

  1. Sesuaikan lokasi

Jika ingin menghias dinding harus tetap memperhatikan ruang yang akan dikasih hiasan ya. Jika dinding kamar sendiri, kalian boleh berekspresi dengan bebas jadi terserah dindingnya mau di hias apa. Hal ini akan berbeda jika kalian mau menghias dinding ruang tamu yang nanti ya kana dilihat banyak orang yang bertamu. Pastikan konsep yang dipasang bisa mempercantik dan menambah kenyamanan ruang.

  • Kontrol Hiasan

Menghias dinding memang aktivitas yang menyenangkan, tapi kalian juga perlu mengontrol diri agar hiasan yang dipasang tak berlebih dan justru membuat tak nyaman untuk dipandang karena jika terlalu ramai hiasan ruangan akan nampak sempit dan pengap.

  • Gunakan konsep senada

Tips terakhir yaitu pastikan hiasan dinding yang dipasang sesuai dengan konsep ruang sehingga akan senada dengan warna.

Jenis Tatanan Hiasan Dinding Secara Group

Dalam menata hiasan dinding juga tak boleh asal agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diinginkan yaitu tak hanya mempercantik ruang namun juga membuatnya tampak luas dan nyaman. Berikut ini ada jenis tatanan yang bisa kalian ketahui terkait hiasan dinding ruang tamu secara umum, yaitu:

  1. Simetris

Jenis simetri bisa dilihat dari cara peletakan yang seimbang, misalnya kiri-kanan atau atas-bawah. Bisa juga dilihat dari kesamaan ukuran, tema, atau warna. Biasanya diaplikasikan untuk ruangan formal. 

  • Asimetris

Jenis ini tak terlalu mementingkan kesamaan. Biasanya ukuran atau jenis benda akan berbeda yang dipajang.

Posisi Yang Tepat Memasang Hiasan Dinding

Dalam memasang hiasan dinding juga harus memperhatikan yang namanya posisi agar tak terlalu ketinggian atau sebaliknya. Adapun posisi ideal memajang hiasan dinding yaitu setinggi pandangan rata-rata mata orang dewasa sekitar ± 1,5 hingga 1,7 m dari permukaan lantai. Dalam memberi hiasan sebaiknya memilih hiasan dengan lebar sekitar 2/3 dari lebar sofa jika diletakkan di atasnya. Untuk jarak bisa diberi 25 – 30 cm dari furnitur.

Demikian sedikit ulasan terkait tips memasang hiasan dinding yang bisa Anda pelajari agar hiasan berfungsi maksimal untuk penampilan dinding. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *